Kakadima

Just a Simpel Telkom Univeristy Students Blog Site. In Here You will see my opinion, my story, and my worksheet.

Jurnal Fisika

“Jurnal di upload di blog! terus kalian bikin artikel” ujar asprak Fisdas

Sebagian orang terpaku, dan (mungkin) hanya gue yang tersipu

*sfx : I feel good!*

****************************************

Yap! Ini adalah artikel perdana gue dengan tags Tugas, sempat mikir juga gue mau ngebahas artikel soal tugas, dan bagaimana kosa kata yang gue pake, emang sih ini artikel ada kemungkinan diperlukan oleh beberapa orang, (misalnya yang copas artikel buat tugas yang sama :v) atau keperluan buat ilmu pengetahuan. Jadi mungkin gue bakal bahas artikel ini sedikit serius aja lah.

Pertama-tama, gue bakal jelasin maksud gue posting ini, juga apa inti yang lagi dibicaraan ini.

Alasan gue posting karena :
1. Nilai persentasi
2. Perdana ngeposting dengan tags Tugas
3. Berbagi ilmu
Dan kali ini gue bakal bahas soal GLB dan GLBB yang gue lakuin bersama temen-temen gue di Lab Fisika pada tanggal (buka kalender)20 November

Asoy~

Saat itu Reinard, Isra, Gue, Asma dan Hima mulai memasuki modul terakhir yaitu soal GLB dan GLBB, GLB dan GLBB merupakan salah satu gerakan lurus yang dimana GLB sendiri kepanjangan dari Gerak Lurus Beraturan, sedangkan GLBB merupakan Gerak Lurus Berubah Beraturan, lalu apa bedanya antara GLB dan GLBB?

Apa?

Lebih Keras? *Ie gue mengenang masa-masa Dora The Exploler*

Bedanya adalah GLB lebih bersifat konstan kenapa? sesuai dengan namanya yaitu Gerak Lurus Beraturan, beraturan disini berarti tetap, atau bisa dikatakan konstan, apanya yang konstan bisa bersifat kecepatannya atau percepatannya.

Sedangkan GLBB lebih bersifat berubah secara perlahan-lahan, kenapa? sama dengan kepanjangannya yaitu Gerak Lurus Berubah Beraturan, dimana ada sesuatu yang mengalami perubahan secara konstan, baik itu kecepatan serta percepatan.

GLB sendiri merupakan salah satu pelajaran Fisika yang mungkin sudah pernah kita jumpai dimasa-masa ke-alay-an kita pada saat SMP, ataupun SMA. Tapi di sekolah gue khususnya, gak membahas lebih dalam soal praktikum di Fisika, walaupun ada Lab Fisika kita lebih sering ngambil peralatannya terus dibawa ke kelas (Lho?), dan yang masih inget itu praktikum soal Cahaya (atau apalah itu gue lupa yang sejenis spektrum cahaya, kalau gak salah interferensi, p.s. kalo salah sorry yah)

Praktikum kita ini menggunakan alat Pesawat Attwood lengkap, apa itu pesawat Attwood? monggo di searching di Google image aja yang jelas pesawat Attwood itu jauh banget dari pesawat Boing 77 *Serius gak bercanda*, Pesawat Attwood terdiri dari Tiang Berskala, katrol dan tali, terdapat 2 beban, ada penjepit beban, penyangkut beban dan landasan akhir.

FYI, dalam praktikum ini kita juga menggunakan beberapa Hukum yaitu,
1. Hukum Newton I
2. Hukum Newton II
sebenarnya GLB dan GLBB sendiri sering kita alami dalam kehiduap sehari-hari,
1. Contoh GLB adalah Mobil yang melaju dengan kecepatan tetap

namun sulit menemukan sesuatu yang selamanya konstan, kalaupun ada diantaranya adalah Bianglala (kincir besar alaska, *cacing besar alaska itumah!*) hanya perbedaanya lintasan tersebut berbentuk lingkaran, dan karena berbentuk lingkaran tercipatalah Gerak Melingkar Beraturan (GMB) karena ada GMB pula maka ada juga GMBB (Gerak Melingkar Berubah Beraturan)

Contoh GLBB lebih sering kita dijumpai dikehidupan seperti:

1. Mobil yang mengalami percepatan
2. Motor yang mengalami perlambatan
3. Suara-cewek-ketika-marah-menjadi-God-Rap

Catatan:
(khusus poin ini hanya akan dialami oleh cowok-yang-memiliki-pasangan)

Ya, untuk selebihnya gue lampirin laporan hasil praktikum gue serta beberapa kesimpulan di laporan gue ini, *Ie admin dah bingung mo ngebahas apa lagi*

Emang bener gue bukan spesialis membuat artikel khusus tugas, (walaupun di kakadima.blogspot.com gue udah pernah sering posting semua hal berbau tugas), sedangkan ini artikel itu bakal dibaca oleh asprak yang Kece + Ganteng + IPK nya bagus + banyak jodohnya, amiin (Fix nilai presentasi gue sempurna).

Hanya gue juga bukan orang yang bodoh dan gak tau situasi mana yang harusnya serius dan mana yang harusnya having fun, tapi gue inget kata-kata Mario Teguh “Hidup itu harus Having Fun Seriously”, dan “Jadilah pribadi sendiri, terima semua masukan dan kritikan, introspeksi dan kembali menjadi pribadi sendiri yang lebih baik”

Ini adalah langkah awal gue memposting something yang berbau tugas atau something like homework, dan seiiring berjalannya sang waktu, gue berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, dari semua masukan dan kritikan itu.

untuk download PDF Jurnal Fisdas silahkan klik dibawah ini

Jurnal Fisdas – GLB & GLBB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *